Saturday, May 22, 2010

alim tapi gaul?

Duduk berjam jam di Starbucks PIM 1..membuat saya gak sengaja memperhatikan bermacam macam orang yang keluar masuk sini.. menarik banget.. Saya di sini dari jam 12 siang.. dan gejala yang keliatan..makin malem yang masuk sini makin muda umurnya..

Kalo yang tadi siang ke sini..adalah pasangan" muda dengan bayi bayi mereka..
Lalu ada beberapa orang yang duduk sendirian berkutat dengan laptop mereka (termasuk saya)..
Lalu ada juga sekelompok orang yang berbicara serius..mungkin ttg bisnis atau presentasi MLM..:)
Suasana yang tercipta adalah suasana tenang..ditemani musik jazz..dan sesekali ada suara bayi menangis..

Menjelang sore, masuk sekelompok orang usia setengah baya..dengan tangan penuh belanjaan..
Berikutnya pasangan" muda yang tampaknya belum menikah jika dilihat dari perkiraan usia mereka..
Lalu ibu ibu muda dengan dandanan masa kini yang diikuti oleh anak"nya..
Ada juga suami suami yang duduk sendirian sambil memainkan Blackberry nya, mungkin sedang menanti si istri yang sedang belanja..
Situasi yang tercipta masih tenang..masih diiringi musik Jazz..dan sedikit celotehan anak kecil..

Sore menjelang malam, mulai terasa perbedaannya..
Masuk beberapa kelompok abg..usia SMP atau SMA lah..dengan dandanan yang hampir sama (rambut panjang, bercelana pendek, tas selempang, sepatu teplek, dan memegang black berry)..
Suasana yang tercipta.. kehebohan ciri khas abg..canda tawa..dengan celetukan" ciri khas mereka..hingga musik Jazz hanya terdengar sayup"..

Hmm.. ternyata jam gerilya di Jakarta ini menarik yah..
Mungkin saat ini sudah tidak ada orang tua yang memberikan deadline jam 8 untuk sampai di rumah? Logikanya..semakin malam yang memenuhi mall ini adalah orang" dewasa karena abg" belasan tahun itu sudah waktunya di rumah untuk belajar? Namun kenyataannya..semakin malam mall makin dipenuhi oleh si umur belasan tahun itu.. :)
Mungkin juga ini terjadi tidak hanya di jakarta, tapi juga di kota kota besar lainnya..
Fenomena apa yah ini?
Kemajuan? Kemunduran?
Tergantung dilihat dari sisi mana kali yah.. hehehhee..

Hal ini jadi membuat saya berpikir..
Nantinya saya akan membuat peraturan seperti apa yah untuk anak saya?
Apakah saya menggunakan peraturan lama..atau mengikuti perkembangan masa kini?
Apakah saya akan membatasi uang jajan anak saya seperti dulu yang saya alami?
Atau saya berikan lebih agar dia gak minder sama temen"nya yang udah pasti minimal gayanya kayak si abg" ini?
Duh, ngerinyaaa..kalau sampai saya menggunakan cara yang salah dalam mendidik anak" saya nanti.. Ancaman akibatnya terlalu mengerikan..

Tapi sebelum masa itu tiba..mudah"an saya sudah bisa belajar banyak..
Supaya nanti saya bisa mantap menentukan pilihan seperti apa nanti anak saya akan tumbuh..
Dan anak saya akan menjadi anak yang pintar, tau diri, alim, dan tetep gaul huahaha..


salam,
trianamuhjin


No comments: